Tujuan Prodi MTM adalah: 

  1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dalam pengembangan ipteks, penelitian dan pengabdian masyarakat yang didasari pada karakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; serta Tangguh dan arif) melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ipteks dan penelitian pada bidang Teknik Mesin berbasiskan  Tropical  Science,  Agroindustry,  Local Wisdom, Energy (sustainable),  Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic).
  3. Menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dalam rangka mengembangkan karakter peneliti, akademisi, dan konsultan yang profesional pada bidang Teknik Mesin berbasis bidang Tropical  Science , Agroindustry,  Local  Wisdom,  Energy  (sustainable),  Natural  Resources  (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic) dalam rangka meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah, industri, dan alumni dalam pengembangan akademik demi meningkatkan potensi lokal yang ada.

 

Sasaran Prodi MTM dirumuskan sebagai berikut:

  1. Terciptanya suasana akademik yang kondusif  pada Program Studi  Magister Teknik Mesin USU dengan mengembangkan karakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; serta Tangguh dan arif). 
  2. Terciptanya luaran-luaran penelitian mahasiswa dan penelitian dosen yang inovatif dan dapat diterapkan pada dunia industri demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mahasiswa aktif terlibat pada penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikelola oleh Dosen.
  4. Meningkatnya jumlah penelitian dosen dengan sumber dana dari DIPA DRPM KEMENRISTEKDIKTI dan TALENTA USU.
  5. Meningkatnya jumlah kegiatan program pengabdian masyarakat. 
  6. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian bersama dosen. 
  7. Peningkatan jumlah dan kualitas publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, dalam hal ini publikasi yang diharuskan adalah berdampak pada peningkatan jumlah indeks Scopus. 
  8. Peningkatan jumlah perolehan Hak Paten Sederhana dari kegiatan penelitian bersama dosen dan mahasiswa. 
  9. Penguatan terhadap kelompok bidang keahlian dan penelitian ilmu Teknik Mesin berbasis  Tropical Science, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic). 
  10. Terlaksananya kegiatan yang bersifat implementasi keahlian pada swasta dan pemerintahan.
  11. Terciptanya program kerjasama dengan pihak Lembaga lnternasional. 

Sejarah Singkat 

Program Studi Magister Teknik Mesin (PMTM), Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) dibentuk pada tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Melalui Surat Keputusan No: 392/DIKMTI/Kep/2000 tanggal 20 November 2000.

Melihat pada kebutuhan akan tenaga profesional teknik mesin, khususnya untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat, serta menilai kekuatan yang dimiliki oleh USU, maka Program Studi magister Teknik Mesin telah membuka lima bidang keahlian : (1) Material dan Struktur, (2) Konversi Energi, (3) Teknik Manufaktur, (4) Teknik/ Manajemen Pemeliharaan, dan (5) Sustainable Energy Technology & Management

Pada saat ini, kurikulum pendidikan yang berlaku pada Program Magister Teknik Mesin USU adalah Kurikulum Tahun 2012. Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tahun 2012 untuk PMTM FT USU dilakukan dengan mengacu pada pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang dihendaki.

VISI

Menjadi Program Magister Teknik Mesin berdaya saing internasional yang memiliki keunggulan akademik berciri kekayaan lokal.

MISI

Untuk menuju visi yang telah disebutkan, maka misi program Magister Teknik Mesin adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan iklim akademik yang kondusif dalam mencapai proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

  2. Menyelenggarakan pendidikan magister teknik mesin dengan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang unggul serta mampu menjawab tuntutan pasar nasional dan internasional.

  3. Memacu dan membudayakan aktivitas penelitian dan pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat.

  4. Menumbuhkembangkan keunggulan akademik berdaya saing internasional yang berciri kekayaan lokal dengan bersinergi dengan pemerintah, industri dan alumni.