Kuliah Tamu bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

Pada hari Rabu, 20 Februari 2019 Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan kuliah tamu bersama Komite Nasional Keselamatan Nasional dengan mengusung tema “Penerapan Engineering Terhadap Faktor –Faktor yang Menentukan Keselamatan Transportasi di Indonesia”. Topik ini diangkat sebagai topik kuliah tamu dengan harapan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara dapat memahami bagaimana pentingnya keselamatan dalam bertransportasi dan untuk mengetahui APA, BAGAIMANA dan MENGAPA kecelakaan itu terjadi dengan dasar indentifikasi kelemahan pada sistem keselamatan guna mencegah terjadinya kecelakaan serupa di kemudian hari serta meningkatkan prioritas transportasi yang berstandard.

Dalam kuliah tamu kali ini, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara menghadirkan Bapak Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono sebagai narasumber dan beliau adalah Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportas(KNKT). Dalam kuliah tamu kali ini, Bapak Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono membagikan pengalaman beliau bagaimana cara mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kecelakaan serta memberikan contoh-contoh kecelakaan yang pernah terjadi di Indonesia. Beliau juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam membuat boat.

Peserta kuliah tamu kali ini terdiri dari 130 mahasiswa serta 15 dosen yang ada di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Para peserta sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan paparan yang dibawakan Bapak Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono, ini terbukti dari bagaimana peserta dengan antusias mendengarkan pemaparan dari beliau.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Bapak Dr. Ir. M. Sabri, MT,. IPM selaku Ketua Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Univeristas Sumatera Utara. Kuliah tamu ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Sumatera Utara untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri dan dunia kerja, sesuai dengan tagline Universitas Sumatera Utara yaitu Toward Excellence as University for Industry.

 

Sumber: https://mesin.usu.ac.id/kuliah-tamu-bersama-komite-nasional-keselamatan-transportasiknkt/